Cara install Node.js dan NPM di Windows 10 atau 11 menggunakan CMD

Tutorial kali ini akan membahas cara command line install Node.js dan NPM dengan cepat di Windows 10 atau 11 menggunakan PowerShell atau Command prompt.

Node.js dan NPM-nya yang merupakan singkatan dari ‘Node package manager’ banyak digunakan oleh pengembang di seluruh dunia untuk aplikasi modern pengembang. Keduanya open-source dan cross-platform, karenanya sistem operasi bukanlah batasan sama sekali. Nodejs yang menawarkan lingkungan runtime JavaScript back-end memungkinkan pengembang membangun aplikasi jaringan yang dapat diskalakan. Padahal, untuk menginstal dependensi dan paket lain yang didukung untuk membangun aplikasi, ada NPM, Node Package Manager.

Meskipun Node.js adalah lintas platform, proses pemasangannya berbeda sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Ketika datang ke Windows, sebagian besar waktu pengguna mengunjungi situs web Nodejs secara manual untuk mengunduh file yang dapat dieksekusi untuk melakukan instalasi. Namun, Anda tidak perlu melakukannya karena Windows 10 dan 11 hadir dengan pengelola paket bawaan seperti Linux yang dikenal sebagai Winget.

Dan pada artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk menginstal Node.js dan NPM di Windows 10 atau 11 menggunakan terminal perintah.

Itu yang tidak tertarik dengan cara CLI masih bisa pergi untuk cara GUI tradisional untuk mengunduh dan menginstal Node.js dan NPM di Windows 10 atau 11, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

  1. Unduh file instalasi untuk Node.js dan NPM dari situs web resmi (nodejs.org/en/download/) dan dapatkan file yang dapat dieksekusi Windows.
  2. Jalankan file instalasi.
  3. Terima syarat dan ketentuan instalasi.
  4. Pilih folder tujuan untuk instalasi.
  5. Pilih komponen yang akan diinstal.
  6. Pilih opsi instalasi dan selesaikan prosesnya.

Gunakan CMD atau Powershell untuk menginstal Node.js & NPM di Windows 10 atau 11

Prasyarat – Sebelum menginstal Node.js dan NPM di Windows, penting untuk memastikan bahwa prasyarat berikut terpenuhi:

  • Anda menggunakan Windows 10 atau 11
  • Akses akun pengguna Administrator
  • Koneksi internet aktif

1. Buka PowerShell sebagai Admin

Di sini kami menggunakan Powershell, namun Anda juga dapat menggunakan Command prompt; langkah-langkah yang diberikan dalam artikel ini akan sama untuk keduanya.

Klik kanan pada menu mulai Windows 10 atau 11 dan pilih Terminal (Admin) di Windows 11. Sedangkan pengguna Windows 10 pasti punya Powershell (Admin) pilihan.

2. Periksa Winget tersedia

Winget adalah manajer paket yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows-nya agar mudah menginstal aplikasi menggunakan baris perintah. Jadi, pertama-tama, mari kita periksa apakah tersedia di sistem kami atau tidak. Nah, secara default itu akan ada di sana. jika tidak, maka Anda dapat menginstalnya secara manual dari GitHub.

winget

Anda akan mendapatkan sesuatu seperti di bawah ini di tangkapan layar yang menegaskan, pengelola paket berfungsi dengan baik.

Periksa Winget tersedia atau tidak

3. Perintah untuk Install Node.js LTS atau Current version

Node.js hadir dengan NPM, jadi menginstalnya juga akan mengonfigurasi manajer paket. Beberapa di command prompt atau terminal Anda, ketikkan perintah yang diberikan untuk memeriksa ketersediaan paket Nodejs:

winget search node.js

Anda akan melihat semua versi Node yang tersedia untuk diinstal di Windows menggunakan manajer paket Winget seperti LTS, Current, dan Nighlly.

Cari paket Node menggunakan winget

Mari kita lihat cara mengunduhnya menggunakan perintah yang diberikan di bawah ini, pilih hanya satu sesuai versi yang Anda inginkan di sistem Anda.

Untuk versi Node.js & NPM LTS, perintahnya adalah:

winget install OpenJS.NodeJS.LTS

Untuk versi Node.js dan NPM Saat Ini

winget install OpenJS.NodeJS

Untuk mendapatkan versi Nightly (pengujian)

winget install OpenJS.NodeJS.Nightly
Instal Nodejs dan NPM di Windows menggunakan Command pompt

4. Menguji Instalasi dengan memeriksa versinya

Setelah Anda selesai menginstal, mari konfirmasikan versi Node.js dan NPM yang diperlukan di Windows dengan menjalankan perintah sederhana di command prompt atau Powershell. Namunsebelum menjalankannya tutup dan buka kembali prompt perintah.

Periksa versi Node.js dengan mengetik

node -v 

Periksa versi NPM dengan menggunakan

npm -v
Periksa versi NPM dan Node

Kesimpulan

Menggunakan baris perintah untuk menginstal Node.js dan NPM di Windows cukup mudah dibandingkan dengan cara grafis di mana kita harus mengunduh penginstal secara manual dengan menggunakan browser dan mengunjungi situs web perangkat lunak. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan dalam artikel ini, pengembang dapat memastikan bahwa mereka memiliki Node.js dan NPM versi terbaru yang terinstal di komputer Windows mereka untuk membuat aplikasi jaringan yang dapat diskalakan menggunakan JavaScript.

Artikel Lainnya: